Welcome To Batam Monument, Destinasi Favorit di Bukit Clara Kota Batam

Sejarah Welcome To Batam Monument

"Welcome to Batam" Sebuah Tulisan yang berada di atas bukit yang bernama Bukit Clara di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dan Tulisan yang ber bahasa inggris ini jika kita translate di Google Translate maka, akan mempunyai terjemahan nya adalah "Selamat Datang di Batam".

Lalu,  kenapa harus tulisan "Welcome to Batam" tersebut yang ada di atas bukit clara?

Pemerintah Kota Batam sangat menyadari bahwa Kota Batam mempunyai Potensi  Wisata yang bagus untuk dikembangkan agar wisatawan mancanegara ataupun domestik bisa berkunjung ke Kota Batam, maka dari itu Monumen yang bertulisan Welcome to Batam tersebut dibangun.

Akan tetapi, pada masa lalu nya, Monument Welcome to Batam ini mempunyai sejarah tersendiri pada saat akan di bangun nya. 
Dilansir dari berbagai sumber kami mengambil beberapa informasi mengenai Sejarah berdirinya Monument Welcome to Batam tersebut.

Untuk info pengetahuan kita semua,  bahwa Landmark Welcome To Batam ini, dibangun oleh Pemerintahan Kota Batam pada tahun 2010 dan guna untuk mendukung Program Visit Batam pada saat itu sedang gencarnya di sosialisasikan Program Visit Batam tsb.

Dengan Program Visit Batam, Pemerintah Kota Batam, Dan Proyek Pembangunan Landmark Welcome to Batam tersebut menggunakan anggaran dari APBD kota batam.

Dan Pengerjaan Pembangunan Landmark tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp. 472,4 Juta dari anggaran APBD Kota Batam melalui Dinas Tata Kota Batam.

Lalu, pada bulan Oktober tahun 2014, Monumen Landmark Welcome to batam tersebut terancam longsor.

Yang disebabkan karena adanya pengerjaan suatu Proyek dari salah satu perusahaan (PT) yang pada saat itu sedang melakukan pekerjaan pengerukkan di Bukit Clara (Lokasi Monument Welcome to Batam) tempat monumen tersebut berdiri.

Dan akhirnya, pada bulan November tahun 2014, Pemerintah Kota Batam dan PT tersebut menemukan suatu kesepakatan untuk sepakat menghentikan selamanya pekerjaan proyek pengerukan bukit (Bukit Clara) tersebut.

Tentang Landmark "Welcome to Batam"

Tulisan "Welcome to Batam" mempunyai ukuran sekitar 6 meter dan tinggi 10 meter, dan Monument Welcome to Batam dikerjakan oleh PT Hadi Lestari.

Setiap huruf dalam simbol kota itu berukuran 10 m kali 5 m, dan tulisan berada di ketinggian 52 meter di atas air laut saat pasang tertinggi.

Tulisan "Welcome to Batam" mempunyai panjang huruf dari 'W' sampai 'M' mencapai 120 meter, lebar huruf 'W' dan 'M' sama-sama 10 meter dan lebar huruf lainnya 6 meter. 

Untuk berat huruf 'W' mencapai 4,5 ton, sedangkan 'E', 'M' dan 'B' masing-masing mencapai 4 ton, dan 'L', 'C', 'O', 'T', 'B' dan 'A' mencapai 3 sampai 3,5 ton.

"Welcome to Batam" Tempat Wisata Favorit di Batam

Welcome To Batam Monument merupakan tempat wisata dan tanda ikonis di lereng Bukit Clara di Kota Batam yg Populer sebagai tempat berfotonya wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url