Eco Plant Protector

Apa itu Eco Plant Protector

Eco Plant Protector Merupakan Agen Pengendali Hama & Penyakit Tanaman yang Berbasis Makhluk Hidup (Mikroorganisme) tanpa menimbulkan resistensi pada hama, tanpa residu & ramah lingkungan.

Agen Hayati bekerja Secara Selektif, hanya Menyerang ke Sasaran Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) & Tidak Akan Menyerang Organisme Yang Bermanfaat Untuk Tanaman.


Info Eco Plant Protector (AGEN HAYATI)

Info eco plant Protector

Petani cerdas pada haqikatnya sosok yang mampu berkomunikasi dengan alam. Keputusan yang diambil adalah kebaikan dan kebijakasanaan dalam mengelola alam. Penggunaan Pestisida kontak dalam memberantas hama adalah langkah keliru, yang menyebabkan alam dan isinya  terkontaminasi racun.

Pemanfaatan Agen hayati merupakan bagian dari tindakan yang menggambarkan kejernihan berfikir dalam membasmi hama yang ramah lingkungan. Tanah Subur, tanaman sehat dan alam menjadi sejuk.

Salah satu keunggulan agen hayati dalam memberantas hama tanaman adalah daya infeksi yang selektif terhadap serangga sasaran, tidak meninggalkan residu beracun pada hasil pertanian dalam tanah maupun pada aliran air alami dan  tidak menyebabkan keracunan pada tanaman.

“Kuncinya bila tanah sehat, mikroba tanah akan berkembang dengan baik sehingga unsur hara, air dan udara yang dibutuhkan tanaman dapat terserap optimal dan hasilnya tanaman menjadi subur,” inilah salah satu peran aktif agen hayati

Agen hayati "ECO PLANT PROTECTOR" bersifat selektif hanya menyerang ke sasaran organisme pengganggu dan tidak akan menyerang organisme yang bermanfaat bagi tanaman, tidak ada efek samping, tidak menimbulkan resistensi organisme pengganggu tanaman sasaran.

Agen hayati "ECO PLANT PROTECTOR" dibagi menjadi 4 Kelompok

Kelompok eco Plant Protector

  1. Agen Antagonis 
  2. Agen Entomopatogen
  3. PGPR (Plant Growth Promoting Rizhobacteria)
  4. Predator and Parasitoid

"Mari menjadi petani cerdas"

Manfaat Eco Plant Protector

Manfaat Eco plant Protector

  • Meningkatkan imunitas tanaman.
  • Mencegah serangan hama & penyakit pada tanaman.
  • Mematikan Hama & Penyakit secara sistemik.
  • Mencegah sumber infeksi penyakit menyebar kembali.
  • Melindungi perkecambahan biji,umbi & akar-akaran dari sumber infeksi.
  • Tanpa residu & ramah lingkungan.

Komposisi Eco Plant Protector

  • Gliocladium SP
  • Beauveria Bassiana
  • Trichoderma
  • Streptomyces SP
  • Pseudomonas Fluorescens

Mengenal Mikroba dalam kandungan Agen Hayati Eco Plant Protector

  • Gliocladium sp.

merupakan mikroba antagonis yang mampu mengendalikan berbagai patogen yang menginfeksi tanaman dan bersifat saprofit, sehingga berpotensi digunakan sebagai agens hayati.

  • Beauveria bassiana

merupakan cendawan entomopatogen  dari kelas jamur mikroskopik dengan tubuh berbentuk benang-benang halus (hifa).yaitu cendawan yang dapat menimbulkan penyakit pada serangga.

  • Trichoderma sp.

merupakan sejenis cendawan/fungi yang termasuk kelas ascomycetes, Trichoderma sp. Merupakan jamur yang paling umum dijumpai dalam tanah khususnya tanah dengan kandungan bahan organic yang tinggi.

Trichoderma berpotensi menjaga sistem ketahanan tanaman misalnya dari serangan patogen seperti cendawan patogen.

  • Streptomyces

adalah sumber utama senyawa antibiotik. Streptomyces juga berfungsi sebagai :

biofertilizer yang membantu menyediakan nutrisi atau kebutuhan unsur hara dari dalam tanah untuk tanaman, 

sebagai biostimulan untuk  meningkatkan pertumbuhan tanaman melalui fitohormon (indole acetic acid, sitokinin, giberelin)

sebagai bioprotektan berfungsi untuk menekan dan menghambat pertumbuhan jamur patogen

  • Pseudomonas fluorescens

merupakan salah satu mikroorganisme antagonis untuk pengendalian hayati dan penginduksi ketahanan tanaman  dan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Keunggulan Eco Plant Protector 

Keunggulan Eco Plant Protector

Perlu untuk kita ketahui bahwa Eco Plant Protector ini mempunyai Banyak Keunggulan, diantara nya yaitu:

  1. Berbentuk WP (Weatable Powder) Tepung 99,9% larut di dalam air dan mudah di aplikasi kan.
  2. Eksistensi dan kinerja nya sangat absolut, Akurasi dan Presisi, sehingga menciptakan efek turbulen yang membuat musuhnya terkoyak dan bahkan mati. 
  3. Cara Kerja bersifat kontak, kontak lambung dan sistemik. 
  4. Tidak mengandung racun berbahaya dan sangat aman untuk tanaman maupun manusia
  5. Tidak menimbulkan resisten atau kebal pada hama dan ramah lingkungan.

Kinerja Eco Plant Protector 

Keunggulan eco Plant Protector

  1. Antibiosi / Lisis, yaitu terjadi penghambatan atau penghancuran dari suatu organisme oleh suatu senyawa metabolik beracun yang dihasilkan oleh suatu organisme lainnya. 
  2. Kompetisi / Persaingan, Terhadapa Inang (Tempat Hidup) dan Hara. 
  3. Hiperparasitisme yaitu mekanisme dimana suatu agens antagonis ini dapat terjadi melalui satu atau lebih mekanisme antagonis.

“Kuncinya bila tanah sehat, mikroba tanah akan berkembang dengan baik sehingga unsur hara, air dan udara yang dibutuhkan tanaman dapat terserap optimal dan hasilnya tanaman menjadi subur,” inilah salah satu peran aktif agen hayati

agen hayati bersifat selektif hanya menyerang ke sasaran organisme pengganggu dan tidak akan menyerang organisme yang bermanfaat bagi tanaman, tidak ada efek samping, relatif murah harganya karena sudah tersedia di alam dan tidak menimbulkan resistensi organisme pengganggu tanaman sasaran.

Namun Agen Hayati ECO PLANT PROTECTOR hasil pemuliaan dengan tekhnologi sudah di muliakan agar bisa mengendalikan hama dan penyakit dengan cepat seperti efek pestisida kimia lainnya pada tanaman, namun agen Hayati Eco Plant Protector lebih ramah lingkungan dan tidak menyisakan residu dan menyebabkan resisten pada hama

Cara Pemakaian Eco Plant Protector

Cara Pemakaian Eco Plant Protector




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url